Pastor Yulianus Bidau Mote, tokoh rekonsiliasi terhadap roh-roh imanen

Jayapura, [WAGADEI] – Dalam Gereja Katolik diyakini adanya roh yang kelihatan dan tidak kelihatan, serta roh-roh leluhur dan roh pelindung. Karena itu dalam tiap sambutannya tokoh adat Papua,Thom Beanal selalu meminta penyertaan Tuhan dan roh-roh imanen ini.

Ketua Dewan Adat Daerah [DAD] Paniai, John NR Gobai mengatakan, salah satu imam Katolik yang sedang mendorong rekonsiliasi dengan roh-roh imanen adalah Pastor Yulianus Bidau Mote, Pr.

Tentunya rekonsiliasi bertentangan dengan upaya kaum penjajah yang salah satu strateginya adalah menghancurkan hubungan dengan leluhur sebuah bangsa yang dijajah.

“Dalam tradisi orang Melanesia relasi dengan leluhur selalu dijaga dan dirayakan dengan upacara upacara oleh masyarakat adat. Itu agar terbangun terus relasi dan keseimbangan hidup,” kata John NR Gobai kepada wagadei.com di Jayapura, Senin, [5/8/2019].

Kini, menurut anggota DPR Papua ini, umat katolik Papua sebagian juga meyakini perlawanan kepada penjajah yang ingin memutuskan relasi dengan roh imanen, namun sudah dihabisi dengan peluru yang tidak kelihatan terhadap Pastor Yuli Bidau Mote.

“Roh roh imanen itu salah satu tempat yang diyakini mereka tinggal adalah dalam sumber pangan masyarakat, seperti hutan sagu yang dibongkar menjadi kebun sawit. Nah di situlah mengusir roh roh imanen tersebut. Jadi, dengan membongkar dusun sagu, maka telah merusak relasi masyarakat adat dengan roh-roh imanen tersebut,” ujar Gobai.

Bagi Pastor Yulianus Mote yang telah menghembuskan nafas terkahirnya di Rumah Sakit St. Carolus Jakarta, sawit di Papua telah melahirkan penindasan, bukan kesejahteraan bagi orang asli Papua.

“Sawit juga telah merusak alam Papua, sawit juga telah merusak relasi masyarakat adat dengan roh imanen,” ujar Alm. Yulianus Mote di kala itu.

John Gobai mengatakan, ketika ada Pastor yang berseru untuk menolak sawit dan membangun rekonsiliasi dengan roh imanen yang ada juga dalam dusun sagu mereka kemudian harus menemukan ajalnya.

“Mereka telah menjadi martir yang melawan penindasan di tanah Papua. Semoga Tuhan akan membalas tindakan kalian, karena apa yang kau tabur kau juga akan menuainya,” kata dia. [Aweidabii Bazil]

790 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Share

Satu tanggapan untuk “Pastor Yulianus Bidau Mote, tokoh rekonsiliasi terhadap roh-roh imanen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares