Wabup Dogiyai buka sosialisasi penyusunan monografi Distrik Mapia

  • Bagikan

Bomomani, [WAGADEI] – Wakil Bupati [Wabup] Kabupaten Dogiyai, Oskar Makai membuka acara sosialisasi penyusunan Monografi Distrik Mapia, di Bomomani, Kamis, [1/8/2019].

Kegiatan itu bertujuan menyusun program monografi distrik untuk tujuh kampung diantaranya Bomomani, Dawaikunu, Diyoudimi, Magode, Abaimada, Obaikagopa dan Gopouya.

Selain Wabup setempat, pada kegiatan itu dihadiri Kabag Humas Setda, Kabag Tata Pemerintahan Setda, Kapolsek Mapia dan  Danramil Mapia serta tujuh kepala kampung, para sekertaris kampung dan juga seluruh masyarakat dari wilayah itu.

“Kegiatan penyusunan Monografi dari tujuh kampung di distrik Mapia iini kami [Pemerintah] sangat mendukung dalam melaksanakan kegiatan itu. Sehingga distrik Mapia menajdi contoh bagi 10 distrik yang ada di kabupaten Dogiyai,” kata Wabup Dogiyai, Oskar Makai dalam sambutannya.

Menurut Makai, untuk memberikan pemahaman kepada pemerintah distrik dan desa dalam menyusun data yang valid terkait pemerintahan, kependudukan serta potensi yang ada.

Selama ini, lanjut Oskar, data yang dikeluarkan oleh setiap institusi dan badan, seperti di Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional [BKKBN] dan data yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan tidak ada yang seragam [berbeda-beda].

“Jika data Monografi salah, maka dapat dipastikan penyusunan strategi pembangunan juga salah yang pada akhirnya akan merugikan masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Distrik Mapia, Yohanes Butu mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program yang sangat penting. Sebab bagi dia, suatu tolak ukur  pembangunan daerah Kabupaten, provinsi dan pusat.

“Kami akan berupaya bekerja keras agar ada kesinambungan dalam data, sebab kegiatan ini baru pertama dilakukan di distrik kami,” katanya. [Jhon Magai]

Editor: Aweidabii Bazil

 

banner 120x600
  • Bagikan

Respon (8)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *