Sejahterakan masyarakat Deiyai, ini saran ketua BMDS untuk Pemkab

Deiyai, [WAGADEI] – Jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deiyai hendak menyejahterakan masyarakat, maka inovasi dan kreatifitas masyarakat yang harus digenjot berdasarkan potensi yang dimiliki, terutama tradisi leluhur.

Hal itu dikatakan Mando Mote, ketua Barisan Muda Damdai Sejahtera [BMDS] Deiyai. Menurutnya, fokuskan pada lima bidang diantaranya pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan pariwisata [P5].

“Lima bidang itu merupakan dasar kehidupan yang melekat hidup bersama masyarakat untuk bisa mendatangkan nilai tambah dan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat,” ujar Mando Mote kepada wagadei.com, Jumat, [26/7/2019].

Hal itu, menurut dia, pengelolaan APBD maupun dana desa [kampung] berintegrasi membangun daerah dengan penerapan semangat kampung harus berdiri di atas kaki sendiri [Kamuberdikari]. Sebab, indikator daerah maupun semangat Otonomi Khusus [Otsus] Papua merupakan peningkatan daya siang dengan semangat afirmasi, proteksi dan pemberdayaan daerah selain kesejahteraan umum.

“Yang paling pokok adalah mengangkat, mendongkrak inovasi kampung yang berbasiskan kearifan lokal menuju menunjang daya saing daerah. Masyarakat Deiyai sudah memiliki P5 itu sejak mereka ada. Nah, tinggal pemerintah poleskan dengan hadir di tengah mereka sebagai fasilitator, motivator dan inspiratory,” kata Mando.

Mote menilai, semangat kerja keras masyarakat Deiyai saat ini kadang kendala dengan fasilitas menunjang, kealihan dan kemampuan pengelolaan modern. “Ya, masyarakat lebih kenal dengan pengelolaan, pemeliharaan tradisional terhadap potensi P5 yang tadi saya sebutkan. Dan itu yang mereka miliki,” katanya.

Penior Badii, salah satu tokoh pemuda Deiyai mengharapkan kepada pihak eksekutif dan legislatif buka ruang dan waktu untuk kerjasama dengan pihak lain yang kompeten untuk membicarakan, menggali dan merumuskan bersama dalam rangka membangun daerah Tigi.

“Masalah dan potensi  daerah itu ada di kampung. Pemuda dan masyarakat tahu persis masalah dan potensi yang dimiliki daerah itu, maka diharapkan pemerintah dan DPRD Deiyai yang kami pilih itu harus turun berdialog dengan orang kampung,” kata Badii. [Enaakidabi Carvalho]

Editor: Aweidabii Bazil

Share

4 tanggapan untuk “Sejahterakan masyarakat Deiyai, ini saran ketua BMDS untuk Pemkab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares