Anggrek dari Intan Jaya menuju Internasional

Jayapura, [WAGADEI] – Anggrek dari Kabupaten Intan Jaya, Papua yang mewakili Indonesia untuk pameran anggrek internasional di Malaysia. Dikabarkan tiga jenis tanaman anggrek memiliki nilai kekhasan dan keunikan.

Pameran anggrek tingkat Asia Pasifik akan berlangsung selama empat hari, yaitu dari tanggal 23-26 Juli 2019.

Wakil Bupati Intan Jaya Yan Kobogoyau mengatakan, Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) cabang kabupaten Intan Jaya dipilih sebagai salah satu perwakilan Indonesia dalam pameran Anggrek di tingkat Asia Pasifik di Kuching, Malaysia.

“Selain membawa tiga jenis tanaman anggrek yang dinilai memiliki kekhasan dan keunggulan, tim anggrek Intan Jaya juga membawa serta karya seni noken Papua dengan motif Anggrek,” ujar Yan Kobogoyau kepada wartawan di Jakarta, Senin, (22/7/2019) dilansir jpnn.com.

Ia mengaku bangga karena anggrek yang banyak tumbuh di wilayah tengah Pegunungan Papua dianggap anggrek yang memiliki nilai sangat tinggi sehingga layak dipamerkan di tingkat Asia Pasifik.

“Ya, ini kesempatan bagi kami [tim anggrek Intan Jaya] untuk belajar dari negara-negara lain sekaligus mengenalkan potensi Anggrek Intan Jaya dan Papua pada umumnya,” kata Yan.

Setelah mendapatkan ilmu, dikatakan, akan berusahan untuk mengembangkan usaha agar memberi suntikan bagi ekonomi kerakyatan.

Melihat potensi itu, ia menjelaskan, pihaknya telah merencanakan membuat taman nasional anggrek di Intan Jaya serta pusat suvenir anggrek termasuk noken dan lain-lainnya.

“Itu agar pesona anggrek ini bisa memberi manfaat bagi pengembangan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Untuk tembus hingga tingkat Internasional, pihaknya telah melewati beberapa tahapan diantaranya melewati seleksi tingkat provinsi dan nasional.

“JAdi tahapananya, di tingkat Provinsi Papua, anggrek Intan Jaya menempati juara umum dan di tingkat nasional menempati urutan ketiga. Jadi itu bukti kerja dan kualitas anggrek yang kami miliki,”  katanya.

Dengan hasil itu, lanjutnya, pihaknya memaksimalkan akan berikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat setempat akan makin cintai anggrek dan terus membudidayakan. [jpnn/Enaakidabi Carvalho]

Editor: Aweidabii Bazil

 

Share

7 thoughts on “Anggrek dari Intan Jaya menuju Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares