Yoseph Iyai, pemain terpendek yang pernah perkuat Arema

Jayapura, [WAGADEI] – Yoseph Iyai adalah pemain Arema di Liga Bank Mandiri tahun 2000 yang berasal dari Kabupaten Nabire, Papua. Pemain ini hingga sekarang tercatat sebagai pemain terpendek dalam sejarah sepak bola Arema.

Ada perbedaan versi berapa tinggi dari Yoseph Iyai, di sebuah koran Malang disebut jika dirinya memiliki tinggi 157 centimeter dengan berat badan 56 kilogram.

Namun, di Tabloid Bola disebut jika dia hanya memiliki tinggi 155cm dengan berat 56kg. Apapun itu, dua angka tersebut tetap membuat Yoseph menyandang rekor tersebut hingga kini.

Baca: https://wagadei.com/2019/07/18/nabire-gudang-pemain-sepak-bola-bertalenta/

Pemain kelahiran 27 Juli 1975 ini didatangkan dari PSBL Bandar Lampung. Secara fisik dia memang kecil, namun dia memiliki kelebihan dengan kecepatan yang sulit tertandingi pemain lain.

Aremania banyak menjuluki dia dengan sebutan kancil ataupun tikus yang gesit.

Debut Yoseph di Arema berjalan mulus, dia mencetak gol saat Arema menumbangkan Persema di pertandingan perdana. Tetapi gol itu menjadi satu-satunya gol yang dia cetak di laga tersebut. Seretnya gol Yoseph bisa jadi karena merupakan perubahan posisi dari intruksi pelatih M Basri.

Pada saat itu, Basri ingin sang pemain bermain sedikit melebar dan membuka ruang untuk kemudian dieksekusi oleh Pacho Rubio ataupun Joko Susilo. Dia pun gagal memenuhi harapan itu sehingga banyak bermain sebagai pemain pengganti.

Sayang, karir Yoseph di Arema tidak panjang. Dia dilepas Arema usai kompetisi Liga Indonesia 1999/2000 selesai. Dia kembali ke PSBL Bandar Lampung di kompetisi 2001, di klub lamanya tersebut Yoseph mencetak tiga gol di pertandingan melawan PSP Padang, Persija Jakarta dan PSDS Dili Serdang.

Selepas dari PSBSL karirnya setelah itu mengalami pasang surut dan sulit dilacak melalui media. Terakhir, sebuah berita menyatakan jika Joseph bermain di klub pertamanya, Persinab Nabire di tahun 2006.

Selanjutnya ia menjadi pelatih kepala di  beberapaklub lokal pada kompetisi divisi tiga beberapa tahun lalu seperti Persido Dogiyai, Nabire FC dan terkahir menjadi pelatih kepala di Persipani Paniai pada liga tiga tahun 2019. (*)

Profil
Nama Lengkap Yoseph Iyai
Kebangsaan Indonesia
Tanggal Lahir 27 Juli 1975
Tempat Lahir Nabire
Tinggi Badan 1.55 m
Berat Badan 56 kg
Posisi Striker / Sayap
Karier Klub 
Sebelum Arema PSBL Bandar Lampung
1999/2000 Arema Malang
Setelah Arema PSBL Bandar Lampung

Sumber: vamosarema.com

Editor: Abeth A. You

banner 120x600

Respon (24)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *