KENA Berhasil Angkat 2,5 Ton Sampah, Bupati Nabire: Saya Senang Pemuda Yang Peduli Lingkungan

Nabire, [WAGADEI] – Bupati Kabupaten Nabire, Isaias Douw mengaku, sangat senang melihat para pemuda dan pemudi asli Papua yang peduli dengan lingkungan, terutama mereka yang membersihkan sampah di wilayah yang ia pimpin.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Nabire ketika mendatangi jalan poros Jayanti, persis depan SMK Negeri 2 Nabire, di mana para pecinta lingkungan yang tergabung di dalam Komunitas Enaimo Nabire (KENA) sedang membersihkan sampah yang berhamburan di badan jalan raya.

“Saya senang sekali remaja yang peduli terhadap lingkungan, sehingga bisa ambil alih seperti ini. Kedepan kita akan kerjasama dengan pemerintah kabupaten Nabire,” ujar Douw, Jumat (12/7/2019) dilansir suarapapua.com.

Karena menurut bupati dua periode ini, komunitas tersebut turut membantu pemerintah daerah dalam menangani persoalan sampah yang ramai dibicarakan di berbagai tingkatan.

“Sehingga saya mengapresiasi kalian,” ucapnya.

Bersihkan sampah di tempat yang sama, menurut ketua KENA, Philemon Keiya merupakan aksi nyatanya yang kedua kali. Setelah sebelumnya mengangkat dan membersihkan pada Rabu,(10/7/2019).

Baca:https://wagadei.com/2019/07/11/angkat-sampah-di-jayanti-bukti-kena-cinta-nabire/

“Kami lakukan angkat (bersihkan) sampah pada Rabu, (10/7) dan Jumat, (12/7) pada tempat yang sama, yaitu Jl. Poros SP, Jayanti, Wadio. Kami memilih tempat itu karena sejak lama banyak sampah bertumpuk di situ,” ungkap Keiya.

Kata Van Duma, sapaan akrab Philemon, pada hari pertama KENA angkat sebagian dari tumpukan sampah tersebut, selanjutnya pihaknya membersihkan yang tersisa hingga habis total.

“Selama dua hari angkat sampah, KENA berhasil angkat 2,5 ton sampah. Perhitungannya yang kami lakukan adalah sampah yang berjejer hampir 500 meter sepanjang badan jalan itu, kami isi di dalam karung besar 50 kilogram sebanyak 200 karung dan lima karung besar 100 kilogram milik kantor Pos sebanyak lima karung. Selain karung, puluhan plastik hitam yang besar juga berhasil kami isi sampah dan buang,” jelasnya.

Mantan jurnalis majalahselangkah.com dan Jubi ini mengajak kepada seluruh warga Nabire untuk bersama atasi sampah. Bahkan kepada Pemkab Nabire diminta agar seriusi isu lingkungan.

“Pemkab juga harus libatkan semua pihak untuk ikut mengatasi masalah sampah ini. Apalah fungsi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) itu? Masalah sampah, masalah kita bersama,” ujarnya. [Abeth A. You]

416 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Share

Satu tanggapan untuk “KENA Berhasil Angkat 2,5 Ton Sampah, Bupati Nabire: Saya Senang Pemuda Yang Peduli Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares