Temukan Obat Kadaluarsa di Gudang Farmasi, Kadinkes Deiyai Langsung Bakar

Deiyai, [WAGADEI] – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Deiyai, Kornelis Pakage mengatakan, dirinya bersama beberapa staf farmasi telah menemukan ratusan item obat-obatan kadaluarsa di Gudang Dinas Kesehatan setempat karena tidak terpakai.

“Hari Selasa,(9/7) saya bersama staf farmasi telah menemukan ratusan obat kadaluaesa, lalu mendata dan bakar serta kubur seluruh jenis obat,” ujar Kadinkes Deiyai, Kornelis Pakage kepada wagadei.com, Kamis,1/7/2019).

Pemusnahan obat-obatan kadaluarsa tersebut berlangsung kata dia, digelar di halaman belakang Kantor Dinkes setempat disaksikan semua pegawai dari instansi tersebut.

Menurut Pakage, selain ditemukan di gudang obat, juga pihaknya akan mengecek di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat [PKM] di wilayah kerjanya guna memastikan ketersediaan obat masa berlaku habis atau belum.

“Kalau kadaluwarsa, ya kami bertindak kubur ataupun bakar. Karena dampak buruk Besar terhadap kesehatan,” katanya.

Ia berkomitmen secara berkala mengontrol persediaan obat yang ada dan memprioritaskan penggunaan sesuai dengan batas waktu masa berlakunya.

“Saya pastikan obat-obat yang tidak dipakai itu hasil pengadaan tahun anggaran 2013, 2014dan 2015,” kata dosen FKM Uncen Jayapura ini. (Aweidabii Bazil)

 

 

379 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares