Angkat Sampah di Jayanti, Bukti KENA Cinta Nabire

Nabire, [WAGADEI] – Menjadi anggota Komunitas Enaimoo Nabire (KENA)  bukan hanya sekadar kumpul bersama dan omongan kosong belaka. Tapi lebih dari itu, bagaimana bisa berbuat bagi sesama. Seperti para aktivis peduli lingkungan lainnya di nusantara ini.

Aksi angkat sampah di jalan SP, persis depan SMK Negeri 2, Jayanti Wadio, distrik Nabire pada Rabu, (10/7/2019) dimulai sejak pagi jam 06.00 WP langsung dipimpin ketua KENA, Philemon Keiya dan Sekretaris Nomen Douw.

Komunitas yang baru saja mendeklasikan diri di Nabire itu hadir untuk membantu penyakit sosial dan isu lingkungan terhadap sesama.

Ketua KENA, Philemon Keiya mengatakan kutipan dari mantan Presiden Amerika, Jhon F. Kennedy bahwa ‘jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu!’.

“Maka, hari ini, kami KENA mau katakan kepada seluruh warga Nabire jangan tanyakan apa yang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nabire buat kepada kita tentang sampah.Tapi tanyakan kepada dirimu, apa yang hari ini kita buat untuk Nabire terkait sampah,” ujar Philemon Keiya kepada wagadei.com.

Menurut dia, aksi bersihkan sampah merupakan satu kegiatan prioritas yang ditetapkan pihaknya dalam komunitas untuk berantas sampah yang akhir-akhir ini tidak terurus dengan baik. “Semestinya, sampah kita harus berantas bersama seluruh wilayah Nabire,” ucapnya.

“Kami bersihkan sampah bersama semua anggota berjumlah 22 orang. Sampahnya kami buang di tempat pembuangan sampah (TPS) di Wanggar. Dengan menggunakan satu truck dan satu pick up Triton. Ini murni dari KENA,” katanya.

Pihaknya melakukan aksi tersebut lantarana akhir-akhir ini sampah berserakan di mana-mana. Dengan keadaan ini, banyak warga Nabire yang mengeluh. Namun, hingga saat ini tidak ada pertisipasi dari warga Nabire dengan sampah.

“Padahal, sejumlah titik-titik di Nabire banyak dengan sampah dengan jumlah yang besar. Sampah sering menghiasi badan jalan.Pasar Oyehe dan Pasar Karang merupakan pusat sampah di tengah jantung kota Nabire,” kata dia.

Dengan adanya sampah ini, lanjutnya, sangat mengganggu bagi warga, terutama bagi mama-mama yang selalu berjualan di samping sampah berlantai tanah dan beratap langit.

Sekretaris KENA, Nomen Douw berharap, Pemkab Nabire agar melihat sampah-sampah ini dengan hati melalui dinas terkait. “Warga agar jangan selalu tunggu pemerintah. Jika bisa dilakukan aksi angkat sampah pada tiap RT dan RW, akan jauh lebih baik,” ujarnya.

“Para orang muda, mari bergabung dengan kami KENA, ke depan kita akan selalu buat yang terbaik buat Nabire dengan aksi-aksi kerja nyata yang sederhana. Bukan berkoar-koar di sosial media (sosmed). Sosmed tidak akan pernah menyelesaikan persoalan yang ada,” kata Douw. (Enaakidabi Carvalho)

Editor: Abeth A. You

348 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share

Satu tanggapan untuk “Angkat Sampah di Jayanti, Bukti KENA Cinta Nabire

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares