Lagi, Aloysius Giyai ditunjuk Plt Direktur RSUD Jayapura, Anton Mote Pimpin RSJ Abepura

Jayapura,[WAGADEI] – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe melalui Sekretaris Daerah (Sekda) setempat, TEA Hery Dosinaen memberikan surat tugas secara simbolis kepada dua putra terbaik Papua, drg. Aloysius Giyai sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Jayapura dan dr. Anton Tonny Mote sebagai Plt Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Abepura.

Penyerahan surat tugas tersebut diberikan pada saat menggelar apel bersama para pegawai Aparatur Sipil Negera (ASN) lingkungan Pemerintah Provinsi Papua di halaman Kantor Gubernur Papua, Dok II Jayapura, Senin, (8/7/2019).

Sekda Hery Donsinaen mengatakan, pejabat tertinggi di kedua instansi tersebut harus diisi oleh pejabat bergelar dokter sesuai dengan Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit

“Dan penunjukan ini merupakan perintah dari Pak Gubernur Papua sejak beberapa waktu lalu,” ungkap Sekda Hery Dosinaen.

Pihaknya juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada pejabat lama yang telah melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab.

Setelah diberikan kepercayaan, Hery meminta kepada kedua pejabat tersebut segera melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sesuai aturan yang berlaku. “Kami percaya beliau berdua bisa laksanakan tugas baru ini dengan baik,” ucapnya.

Drg. Aloysius Giyai pernah menjadi Plt. RSUD Jayapura sejak 1 Desember 2017 hingga 9 Mei 2018. Ia kemudian diganti oleh Anggiat Situmorang di masa kepemimpinan Penjabat Gubernur Soedarmo.

Giyai yang saat ini juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengatakan, kondisi RSUD Dok II saat ini seperti sarang laba-laba yang menyimpan banyak persoalan. Mulai dari manajemen pelayanan, pasokan air bersih ke rumah sakit, belum rampungnya akreditasi paripurna sebagai rujukan tertinggi, Sistem Rujukan Terpadu (Sisrute) dan sebagainya.

Ia juga mengaku bahwa penunjukan tersebut merupakan kepercayaan  yang mengandung tanggungjawab yang terbesar. “Ini kepercayaan yang spektakuler dan saya kaget, karena di dalamnya mengandung tanggungjawab yang sangat besar buat saya,”imbuhnya.

“Bukan karena saya hebat. Tapi saya terima ini sebagai panggilan dari Tuhan.selama ini saya bersandar pada Tuhan dan jalankan kepercayaan yang diberikan Gubernur Papua ini,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Direktur RSJ Abepura, dr. Anton Tonny Mote mengatakan, jabatan merupakan amanah yang melekat di pundak setiap orang yang menjabat. Berat dan ringan akan dirasakan.

“Maka atas bimbingan Tuhan Yang Maha Esa, saya yakin kita mampu memikulnya dengan baik dan bertanggung jawab” katanya.

Ia juga mengakui punya komitmen dan berbagai program guna meningkatkan kualitas layanan yang ada. (Aweidabii Bazil)

866 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares