Ribuan Umat Intan Jaya Jemput Sojuna Sondegau di Bandara Bilogai

Sugapa, [WAGADEI] – Ribuan masyarakat Kabupaten  Intan Jaya, Dekenat Moni Puncak,Keuksupan Timika, Papua menjemput kedatangan Imam Katolik kedua asal suku Migani, Kleopas Sojuna Sondegau,Pr beserta Bupati setempat, Natalis Tabuni, Wakil Uskup Timika, Pastor Marten Kuayo, Pr, Pastor Hillarius Pekei, Pr, Pastor Agus Alua, Pr dan petugas pastoral, Ancelma Doo di Bandar Udara Bilogai, Jumat, (14/6/2019).

Kedatangan Pastor Sojuna Sondegau sebagai wujud kecintaan kepada tanah dan umat Migani yang mendiami tiga Paroki di antaranya Bilai, Bilogai dan Titigi serta satu Quasi Mbugulo guna melakukan misa perdana sebelum menjalankan tugasnya sebagai pelayan umat Tuhan di Keuskupan Jayapura.

Dari pantauan wagadei.com, sekitar pukul 10.15 WP Pastor Sondegau dan rombongan tiba di Bandara dijemput sorak sorai dengan tarian khas suku Migani, Nduga, Dani dan Wolani dari ribuan masyarakat lainnya yang telah lama menunggu kedatangan.

Selanjunya, rombongan diarak-arakan menuju Yokatapa hingga sampai di lapangan Kamrer Bilogai, Distrik Bilogai. Usai istirahat di pastoran setempat, Sojuna menyampaikan kehadiran dirinya bahwa setelah 60 an tahun lamanya umat Migani tidak memiliki Imam Katolik, namun atas berkat doa dan dukungan warga Intan Jaya maka pengganti Alm. Pastor Anton Belau, OFM kini telah ada.

“Saya datang ini mau misa perdana bersama bapa, mama, kakak-kakak, teman-teman, adik-adik dan semua saudara-saudariku di sini. Sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih atas segala dukungan dari kalian sehingga Tuhan Allah mengizinkan saya menjadi hambanya untuk melayani umat Tuhan di tanha Papua, terutama di Keuskupan Jayapura,” ungkap Pastor Kleopas.

Selain itu, ia menegaskan bahwa kehadirannya memberikan motivasi kepada anak muda dan orang tua di negeri Migani agar mendukung tunas lain yang hendak hidup membiara. “Yang perempuan itu tidak boleh kasih kawin terus. Harus kuliahkan mereka, paling tidak di STPK Waena atau perguruna tinggi lain,” ajaknya.

“Yang anak-anak laki-laki juga sama. Mari datang kuliah di STFT Fajar Timur Abepura. Di sana saya ada,saya mau ada pengikut saya sebagai imam Katolik. Tidak boleh pikir harta kekayaan di duniawi saja. Saya justru orang yang tolak semua harta kekayaan milik kakekku Oktovianus Sonddegau dan memilih membiara,” bebernya.

Pastor Hillarius Pekei, Pr mewakili Uskup Jayapura mengucapkan terima kasih kepada keluarga dan Keuskupan Timika atas sumbangan seorang imam untuk Jayapura sebagaimana tugas baru dari Pastor Sondegau ditempatkan sebagai dosen di STPK Waena dan pembantu Pastor Paroki Kristus Terang Dunia Waena, Dekenat Jayapura.

“Semmoga ada anak-anak Migani lain lagi yang ikut jejak Pastor Kleopas,” kata Pastor Paroki Waris, Dekenat Keerom ini. (Aweidabii Bazil)

5,190 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares