Bupati Meki Minta ASN di Paniai Netral Pada Pemilu 2019

Paniai, [WAGADEI] – Bupati Kabupaten Paniai, Meki Nawipa meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan setempat agar netral dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Bupati Meki Nawipa saat menggelar apel bersama ASN, TNI, Polri dan pegawai honorer di halaman kantor Bupati Paniai, Senin,(15/4/2019) pagi.

“Begitu juga saya selaku pembina ASN wajib netral. Pada pemilu ini saya tetap netral, tidak memihak siapa-siapa,” ujar Bupati Nawipa.

Kata dia, ASN diwajibkan netral karena mempunyai kewenangan dan kekuasaan administrasi, anggaran, dan kebijakan yang mana bisa disalahgunakan untuk kepentingan kelompok dan memobilisasi kekuatan calon tertentu.

“Sebagai ASN mempunyai kewajiban untuk memilih, namun juga harus menjaga netralitas selaku pegawai negara,” ucapnya menambahkan.

Selain PNS, sang capten peawasat Tariku Air ini juga menegaskasn, TNI dan Polri juga wajib netral dalam Pemilihan Presiden dan Pemilihan Umum Legislatif 17 April 2019 mendatang.

Lanjut dia, pemilu adalah proses yang cukup rumit dan panjang tahapannya. “Kalau Pilkada itu masih ringan, tapi namanya Pemilu itu pasti berat,” imbuhnya.

“Maka, diperlukan kesiapan demokrasi dan kedewasaan pemilih serta kompetitor antara pelaku pemilu, baik di internal partai maupun antar partai satu dengan partai yang lain,” katanya.

Nawipa juga meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat wajib memelototi para calon legislatif maupun partai politik yang melakukan kegiatan pelanggaran.

“Kinerja Bawaslu sangat diperlukan, karena dia sebagai wasit atau penengah antar kompetitor calon legislatif,” bebernya. (Enaakidabi Carvalho)

Editor: Aweidabii Bazil

 

695 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares