Bupati Paniai Minta Peserta Musrenbangda 2019 Rusmuskan Program Prioritas Yang Menyentuh Masyarakat

Paniai, [WAGADEI] – Dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Paniai sejahtera, maju dan  berdaya saing untuk menjadi daerah yang mandiri dan lestari, Bupati Paniai, Meki Nawipa menegaskan semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Paniai dapat berkontribusi, memadukan dan merumuskan program yang prioritas sesuai kebutuhan riil sehingga dapatmenyentuh masyarakat.

Hal itu dikatakan Bupati Meki Nawipa saat membuka  Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbangda) di aula Kantor Bupati Paniai, Selasa, (9/4/2019). Ia berharap, hal itu demi mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat di tingkat kampung maupun distrik.

“Bappeda sebagai lembaga perencana dan pengendali pembangunan di daerah, maka saya harapkan agar dapat mengawal dan meni daklanjuti secara baik seluruh tahapan perencanaan pembangunan daerah pada tingkat kabupaten, provinsi dan pusat dengan mengacuh pada dokumen RPJMD Paniai tahun 2018-2013,” ujar Bupati Nawipa.

Menurut dia, hasil Musrenbang kamoung yang diusulkan pada APBD Kabupaten agar tenaga ahli, pendampingkampung dan para kepala distrik dapat kordinasikan dengan pimpinan SKPD terkait sesuai dengan bidang dan tugas masing-masing instansi.

“Sehingga kebutuhan di perkampungan terakomodir dalam Musrenbangda ini. Supaya rencanakerja tahun 2020 dilaksanakan sesuai dengan aspirasi masyarakat yang merupakan obyek dan sekaligus subyek pembangunan. Demikian pula lembaga-lembaga mitra yang ada agar sampaikan program kegiatannya,” imbuhnya.

Kesempatan itu juga ia menegaskan, tahun 2020 mndatang merupakan tahun kedua masa jabatan dirinya bersama Wakil Bupati, Oktopianus Gobai. Oleh karena itu, ia menghimbau agar semua pihak perlu mengevaluasi pelaksanaan tugas di tahun berjalan ini.

“Sesuai bidang masing-masing OPD. Apa yang kita rencanakan,laksanakan dan capai bersama-sama. Dan apa yang belum kita laksanakan, sehingga dengan hasil dari evaluasi itu akan menajdi bahan refleksi yang sangta bermanfaat guna merumuskan program di tahunmendatang,” bebernya.

Lebih dari itu,ia meminta dalam rencana kerja nanti harus diprioritaskan kebutuhan dasar masyarajat sesuai visi dan misi serta program prioritas pembangunan daerah,yakni bidang pelayanan publik, ekonomi,pendidikan, kesehatan, sumber daya manusia, sarana dan infrastruktur.

“Tim asistensi yang datang dari Jayapura, ibukota Provinsi Papua agar dapat menyampaikan arah kebijakan prioritas pembangunan nasional, provinsi Papua dan Kabupaten Paniai agar program kerja pembangunan daerah ini dapat disinergikan. Sheingga aktifitas pembangunan yang dilaksanakan mencapai hasil yang maskimal dan dinikmati oleh seluruh lapisan masyaraat Paniai,” pungkasnya.(Enaakidabi Carvalho)

Editor: Aweidabii Bazil

731 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares