KPU Gelar Deklarasi Kampanye Damai, Ini Penegasan Bupati Paniai

Paniai, [WAGADEI] – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paniai, Papua menyelenggarakan deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak 2019 di lapangan Karel Gobai Enarotali, Senin, (25/3/2019). Deklarasi dihadiri seluruh partai politik dan masing-masng peserta Pemilu 2019.

Ketua KPU Paniai, Petrus Nawipa mengatakan,  bahwa masa kampanye rapat umum akan berlangsung selama 21 hari sejak tanggal 25 Maret 2019 hingga 13 April 2019. Saat ini, pihaknya memberikan ruang lebih untuk para peserta pemilu dengan mengadakan pemilu.

“Dalam pemilu ini setiap peserta pemilu diberikan kesempatan untuk melakukan kampanye dengan baik. Tapi berazas pada langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber) oleh masing-masing calon ataupun juru kampanyenya,” kata dia.

Ia juga meminta agar masing-masing parpol wajib mengetahui angka pembagian quota kursi sesuai sainte lague.

Semanatar itu, Bupati Kabupaten Paniai, Meki Nawipa menegaskan, Komisi Pemilihan Umum(KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus netral dalam proses Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di daerah yang dipimpinnya.

“KPU dan Bawaslu junjung nilai-nilai demokrasi. Hindari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dalam Pileg dan Pilpres,” ujar Bupati Meki Nawipa.

Selain itu Nawipa mengatakan, ASN, TNI, Polrijuga tidak boleh turut berpartisipasi dalam kompetisi politik ini. “Ya, tidka boleh berpolitik, jaga keamanan bersama,” imbuhnya.

“Berjuanglah dengan segenap hati, semua warga di Paniai wajib berikan dukungan suara. Tidak boleh mencuri suara dan transaksi kursi DPR,” katanya.

Lebih dari itu,ia mengatakan, sesama caleg harus saling jaga atribut partai itu sebagai bukti kedewasaan dalam berpolitik. “Masing-masing caleg tidak boleh saling kasih rusak baliho, tidak boleh saling potong-memotong kayu baliho,” ujarnya. (Enaakidabi Armando)

Editor: Aweidabii Bazil

 

755 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares