Tuntut Tiadakan Tes CPNS Berbasis Online, KPMAD Aksi di Halaman Kantor Bupati Deiyai

Deiyai, [WAGADEI] – Komunitas Peduli Masyarakat dan Alam Deiyai (KPMAD) menggelar aksi damai di halaman kantor Bupati Deiyai, Rabu, (13/3/2019) meminta kepada Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deiyai guna tiadakan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) berbasis online di daerah tersebut.

Kordinator KPMAD, Domininggus Badii mengatakan, pihaknya langsung diterima Wakil Bupati Deiyai, Hengky Pigai dan Sekda Kabupaten Deiyai, Marten Ukago setelah ratusan pendemo berjalan kaki dari lapangan sepak bola Tomas Adii Waghete.

“Di Provinsi Papua terutama wilayah pegunungan tengah, lebih khusus Kabupaten Deiyai belum memadai jaringan internet. Kami minta Pemda berkordinasi dengan pihak BKN Provinsi Papua dan kementerian terkait di Jakarta,” ujar Dominggus Badii saat menyampaikan orasinya.

Selain itu, kata Badii, selama lima tahun di bawah Presiden Joko Widodo telah terjadi moratorium CPNS tetapi mengapa setelah ada penerimaan ada batasan umur. “Ini juga harus menjadi perhatian khusus pemerintah, musti dijelaskan,” ujarnya.

“Pemerintah harus mengerti bahwa 70 persen yang melamar CPNS belum bisa mengoperasikan komputer apalagi mengakses internet. Karena itu, sekali lagi kami harap tesnya harus manual,” ungkapnya.

Pihaknya juga mempertanyakan pembagian kuato 80 persen orang asli Papua (OAP) dan sisanya non OAP. Sebab, Provinsi Papua telah dilabelkan khusus oleh Jakarta oleh Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001.

“Kami di Papua ada di bawah naungan UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus tetapi mengapa 20 persen dikasih ke non pribumi Papua. Apakah kami tidak punya sumber daya manusia atau tidak mampu? Ya, kalau profesi tertentu kami maklumi,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Bupati Deiyai, Hengky Pigai mengatakan, pihaknya akan melanjutkan aspirasi tersebut kepada Bupati setempat lalu dilakukan pertemuan besar-besaran dengan para pencari kerja (pencaker).

“Pak Bupati lagi ke luar daerah, aspirasi ini kami akan teruskan setekah beliau balik. Kami janji, dalam waktu dekat kita akan lakukan pertemuan bersama-sama,” kata Pigai usai menerima aspirasi pendemo.

Ia menambahkan, waktu pertemuan akan disusul setelah konsultasi ke pimpinan daerah. (Enakidabii Carvalho)

Editor: Aweidabii Bazil

 

329 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share

Satu tanggapan untuk “Tuntut Tiadakan Tes CPNS Berbasis Online, KPMAD Aksi di Halaman Kantor Bupati Deiyai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares