Pimpin KPU Deiyai, Oktovianus Takimai Tegaskan Perkuat Kapasitas Penyelenggara Tingkat Bawah

Deiyai, [WAGADEI] – Mantan komisioner KPU Kabupaten Nabire, Oktovianus Takimai telah terpilih memimpin lembaga penyelenggara pemilu setempat untuk periode 2019-2024. Sebagai ketua KPU, Takimai menegaskan, pimpinan lembaga juga termasuk anggota yang memiliki hak yang sama bersama empat komisinoer dalam pengambilan keputusan dengan prinsip kolektif dan kolegial dalam melaksanakan tugas anggota KPU.

Menurut Takimai, pihaknya akan melakukan tanggung jawab dari masing-masing divisi, korwil dan Pokja secara bersama. Oleh karena itu, kepemimpinan mereka dalam menyelenggarakn  pemilu 2019 akan melakukan dua hal yakni pembenahan lembaga dan memperkuat kapasitas penyelanggara tingkat bawah, diantaranya PPD, PPS dan KPPS.

“Yang paling pertama adalah kami akan melakukan pembenahan lembaga, itu dari dalam mulai tata kerja, penertiban administrasi dan disiplin kerja. Selain itu melaksanakan tahapan  Pemilu 2019, di dalamnya  juga melakukan evaluasi terhadap tahapan tersebut,” kata Oktovianus Takimai kepada wagadei.com, Jumat, (8/2/2019).

Minimal kata dia, pihaknya dapat mengurangi tingkat persoalan pada akhirnya dan target maksimal harap dapat memberikan sebuah nilai demokrasi yang baik bagi perkembangan penyelenggaraan Pemilu di daerah Tigi.

Lebih dari itu, ia menegaskan, dirinya akan memperkuat kapasitas penyelenggara  tingkat PPD, PPS dan  KPPS agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai aturan tanpa harus menjadi pihak  yang justru menciptakan masalah di tengah masyarakat.

“Jadi caranya adalah kami akan memperbanyak Bimtek (bimbingan teknik) pada penyelenggara kami dan sosiasisi pada masyakarat umum serta kepada peserta Pemilu. Dalam hal ini partai politik yang di wakili oleh calon legislative,” bebernya.

Ketua KPU Deiyai, Oktovianus Takimai – wagadei photo

Ia menjekaskn, KPU sebagai lembaga  penyelenggara akan memperkuat fungsi sosialisasi dan humas, terutama dalam membangun hubungan  dengan para pihak terkait seperti, pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh  agama, dan lainnya. “Itu agar tercipta kesepahaman bersama terutama terkait aturan aturan hukum yang berlaku dalam pemilu dengan itu kita sama-sama melaksanakan dan menghargai aturan hukum yang ada,” paparnya.

“Sambil juga memperhatikan hal hal seperti sistem pemungutan yang berlaku seperti noken (ikat), tentang noken dan ikat lebih pada proses pelaksanaan dan administrasi. Sehingga legitimasi terhadap hasil dapat di pertanggung jawabkan dengan baik,” jelasnya.

“KPU kabupaten Deiyai akan mulai berkantor pada tanggal 11 Februari 2019. Hal lainya akan saya sampaikan setelah di Deiyai,” ujarnya.

Willem Bobii, komisioner KPU Deiyai mengharapkan kepada pengurus Parpol sebagai peserta pemilu dan KPU sebagai penyelenggara pemilu dapat sejalan dalam mendukung terlaksananya proses pemilu sesuai aturan yang ada.

“Yang jelasnya sekretariat KPU adalah juga rumah kita bersama, bagi peserta pemilu untuk mendapatkan informasinya dan mendiskusikan soal-soal penerapan aturan sejauh  tidak melanggar etika dan norma hukum yang ada,” ujar Bobii.

Selain itu, ia mengatakan untuk Caleg, pihaknya bukan pemilik suara. Sejatuinya pemilik suara adalah rakyat. Oleh karena itu, pihaknya menyarankan berkampanye dan rebut suara dengan cara-cara yang benar menurut Undang-undang serta aturan pelaksanaan yang berlaku.

“Jangan menggunakan cara-cara yang tidak etis yang pada akhirnya akan menghancurkan kredibilitas pribadi dan partai yang diusung. Semua caleg harus punya komitmen menciptakan Deiyai yang damai dalam berdemokrasi. KPU Kabupaten Deiyai akan memberlakukan sama terhadap 16 partai politik juga caleg,” imbuhnya.

Ia mengingatkan kepada masyarakat bahwa suara kalian akan menentukan pencapaian pembangunan selama lima tahun ke depan. Maka, pilih orang yang memiliki rekam jejak baik, yang tidak menggunakan cara-cara yang inkostitusional dan peduli pada negeri Tigi. (Armando Enaakida)

Editor: Aweidabii Bazil

524 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares