John NR Gobay: Relawan HIV/AIDS Itu Misi Yang Mulia

Jayapura, [WGADEI] – Anggota DPR Papua, John NR. Gobay mengatakan, tim relawan Hiv/Aids yang dibentuk oleh Komisi Penanggulan Aids (KPA) Provinsi Papua merupakan tugas kemanusiaan yang hendak menyelamatkan orang asli Papua (OAP) yang sudah tersisa.

“Tadi saya berpesan kepada mereka bahwa relawan adalah misi yang mulia, misi kemanusiaan, misi Tuhan Yesus untuk selamatkan yang tersisa di tanah Papua,” kata John NR Gobay usai memberikan materi bahaya HIV/Aids di museum negeri Waena, Kota Jayapura, (6/2/2019).

Gobay yang diangkat melalui 14 kursi Otsus ini menjelaskan, kasus HIV/AIDS di Papua menurut data Dinkes Papua Per 1 Desemner 2018 berjumlah 38.784. kata dia, angka tersebut menunjukan yang besar dan perlu dilakukan langkah yang ekstrim untuk melakukan perang melawan penyakit tersebut.

“Soluasinya adalah diperlukan langkah melakukan revisi Perdasi Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV/ AIDS di Papua,” ungkapnya.

Menurut dia, langkah Gubernur Papua untuk mengangkat anak muda dibawah kepemimpinan Yan Matuan yang masih energik, baginya sudah tepat dan harus dilakukan juga dia di Kabupaten dan Kota.

“Juga ketua hariannya anak muda yang independen seperti Yan Matuan. Agar mereka saling bekerja sama. Bila perlu relawan yang ikut kegiatan dikembalikan ke kabupaten masing-masing dan mereka ditetapkan sebagai pengurus KPAD Kabupaten,” katanya.

Sekaligus relawan, lanjutnya bersama dengan tokoh muda independen yang energik dan LSM peduli Aids di Kabupaten dan  kota. “Dananya harus sendiri tidak di bawah OPD apapun,” ucapnya.

“Di daerah juga harus ada relawan HIV/Aids, ya maksimal satu kampung sautu relawan. Gaji harap bisa diatur dari dana kampung atau dana Otsus Papua,” imbuhnya.

Ia berharap, perlu juga Perdasi ketertiban umum untuk menjadi dasar melakukan razia terhadap orang baru dan orang yang keliaran malam serta tempat-tempat hiburan yang jadi sumber transaksi seks terbuka dan terselubung.

“Kalau bukan kita siapa lagi, mari jadi Yesus bagi sesame,” katanya. (Aweidabii Bazil)

Editor: –

467 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares