Ini Alasan Bupati Paniai dan Kadinkes Papua Diundang Jadi Pemateri

Paniai, [WAGADEI] – Diundangnya Bupati Paniai, Meki Nawipa dan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes menjadi nara sumber pada seminar sehari dan kuliah umum Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Jakarta, Jumat, (8/2/2019) melalui kriteria tersendiri dari panitia pelaksana dan pihak kampus UI.

Ketua Panitia seminar sehari dan kuliah umum FKM UI, Dr. drg. Yohanes Tebai., MH.Kes mengatakan, kedua figur tersebut memiliki jiwa keterbukaan dengan berbagai macam program yang sudah dilakukan, sedang dilakukan dan akan dilakukan.

“Kami mahasiswa dan alumni UI Jakarta perlu menghadirkan figur yang terbuka bagi semua kalangan agar dapat saling sharing dan saling diskusi untuk menetapkan arah pembangunan yang lebih baik. Pembangunan yang lebih baik tentu berdasarkan beberap syarat. Salah satunya sesuai kajian data, studi, dan penelitian agar pembangunannya tepat sasaran,” ujar Dr. drg. Yohanes Tebai., MH.Kes kepada wagadei.com melalui pesan whatsappnya, Senin,(4/2/2019).

Papua daerah yang unik, sehingga perlu pembangunan yang unik dan pelaku pembangunan juga yang unik. “Unik dapat diartikan sesuai konteks berbagai sudut pandang,” ucapnya.

“Kami menggagas seminar  yang memberikan kontribusi ‘tambahan’ bagi arah pembangunan Papua,” ujar Tebai.

Menurut dia, seminar ini dirancang dalam rangkaian transformasi pembangunan Papua dalam bidang kajian dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi (pertanian dan perikanan), tekonologi dan kesehatan pada awal Tahun 2020 di Jayapura dan Manokwari bersamaan pelaksanaan PON XX.

“Hal ini yang selam ini belum dibuat dengan baik oleh pelaku pembangunan di tanah Papua. Kami memiliki harapan besar dengan kedua figur ini akan terbuka menerima renacana pembangunan yang berbasis data dari masyarakat melalui kajian serta studi agar pembangunannya tepat sasaran dan sampai target,”jelasnya.

Ke depan, ia menambahkan, pihaknya juga akan undang pemerintahan Provinsi Papua Barat. “Kami juga akan mengetahui figur siapa yang akan seperti ke dua figur ini. Sehingga pemimpin UI Jakarta menerima baik rencana ini dan akan mendukung penuh,” bebernya.

Bupati Paniai, Meki Nawipa menyambut baik undangan untuk memberikan kuliah umum tersebut, apalagi dirinya  mengedepankan dunia pendidikan di daerah yang dipimpinnya.

“Saya diberikan materi dengan topik ‘tantangan dan kesiapan generasi muda Indonesia dalam pembangunan Papua, Indonesia dan dunia’,” ujar Bupati Meki. (Aweidabii Bazil)

Editor: –

32,391 kali dilihat, 105 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares