KPU Paniai Tetapkan Zona Pemasangan APK Peserta Pemilu, Ini Aturannya

Paniai, [WAGADEI] – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Paniai, Papua telah menetapkan jumlah dan lokasi pemasangan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di tingkat ibukota kabupaten, distrik dan kampung.

Melkianus Kambu, anggota KPU Papua merangkap anggota KPU Paniai mengatakan, penetapan itu berdasarkan rapat koordinasi antara pihaknya dengan Bawaslu, Pemerintah Daerah (Pemda) dan stakeholder terkait di aula KPU Paniai, Selasa, (22/1/2019).

“Untuk tingkat Kabupaten Paniai ada empat titik yakni dermaga Aikai, dermaga Ibumomaida, Togokotu dan tanjakan Ekaugi,” kata Melkianus Kambu kepada wagadei.com, Sabtu, (26/1/2019).

Penetapan ini tertuang dalam keputusan KPU Paniai Nomor 01/PL.01-Kpt/9108/KPU-Kab/I/2019. “Ini sebagai tanda resmi bahwa parpol dan peserta pemilu boleh memasang sesuai petunjuk yang ada,” ujarnya.

“Sedangkan untuk distrik dan perkampungan dipasang tempat yang layak, bukan di tempat-tempat dilarang seperti tempat ibadah, sekolah, puskesmas dan kantor pemerintahan,” imbuhnya,

Ketua Bawaslu Paniai, Martinus Pigai menegaskan, pihaknya bertugas mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu sesuai PKPU Nomir 32 tahun 2018 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Umum tahun 2019.

Lanjutnya, pihaknya juga bekerja berdasarkan petunjuk Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Perbawaslu dan Nomor 28 Tahun 2018 tentang Pengawasan Kampanye Pemilihan Umum.

“Pemasangan APK dilakukan tidak sesuai dengan keputusan bersama. Maka Bawaslu siap memerintahkan Satuan Pol PP untuk turunkan APKnya, baik di dalam kabupaten maupun di distrik dan juga di desa-desa,” ujar Pigai.

Ia menjelaskan, peserta Pemilu perlu perhatikan atas larangan pemasangan APK di antaranya tempat atau halaman ibadah, halaman atau komplek rumah sakit dan balai pelayanan kesehatan, gedung atau halaman Pemerintah dan di gedung atau halaman sekolah.

Menurutnya, larangan itu berlaku bukan hanya pemasangan APK di Kabupaten saja, tetapi jugs di semua distrik. “Maka diharapkan terutama calon-calon DPRD Kabupaten yang akan memasang APK di distrik -distrik dan kampung-kampung dapat mematuhi kesepakatan bersama,” ungkapnya.

“Agar dapat tercipta kenyamanan dan ketertibaan umum selama tahapan kampanye berjalan di Kabupaten Paniai,” tukasnya. (Aweidabii Bazil)

Editor: –  

banner 120x600

Respon (28)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *