Bawaslu Dogiyai Gelar Sidang Mediasi Lima Partai Politik

Dogiyai, [WAGADEI] – Berdasarkan laporan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dogiyai dengan surat keputusan bernomor: 22/PL.01/PL01-BA/9126/KPU-KAB/I/2019 tentang Rekapan Hasil Penerimaan Laporan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK), maka Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat telah menggelar sidang mediasi lima partai politik (Parpol).

digelarnya sidang lantaran ke lima Parpol di antaranya PDI P, Partai Garuda, Partai Gerindra, Partai Perindo dan Partai PKB terlambat dalam melaporkan Laporan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK). Kegiata tersebut dilaksanakan di aula Penginapan Dogiyai, Rabu (16/1/2018).

Sekertaris Partai Perindo Dogiyai, Agustinus Tebai mengatakan, pihaknya lambat karena ada miss-komunikasi dalam partai juga kepada KPU Dogiyai.

“Tapi, sekarang kami sudah siapkan dan akan serahkan LPSDK ke KPU depan Bawaslu,” kata Agus kepada wagadei.com.

Anggota KPU Dogiyai, Emanuel Tigi meminta agar ke depan semua Parpol aktif dalam semua tahapan yang akan dilakukan. Agar, kata Tigi, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

“Jika dalam tahapan-tahapan yang dilakukan tidak diikuti baik oleh Parpol, yang rugi itu para peserta Pemilu,” kata Tigi.

Lima Parpol yang terlambat dalam melaporkan LPSDK, diberikan waktu selama tiga hari kedepan. “Kalau sampai tiga hari kedepan Parpol tidak serahkan LPSDK, maka Parpol tersebut tidak akan ikut dalam pemilihan umum legislatif 2019,” ungkapnya.

Emanuel Tigi menjelaskan pihaknya akan menunggu LPSDK dari Parpol selama tiga hari ke depan sesuai putusan dalam sidang mediasi. “Sehingga, setelah kami terima LPSDK dari lima Parpol, kami akan terbitkan berita acara ulang lagi,” ucapnya.

Usai sidang, Ketua Bawaslu Dogiyai, Mecky Tebai menjelaskan, digelarnya sidang mediasi ini sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU).

Ia menjelaskan,  lima partai yang terlambat dalam melaporkan LPSDK, layangkan surat protes untuk gugat berita acara KPU Dogiyai yang menetapkan LPSDK dari tiap Parpol.

“Kami sebagai pengawas, pada prinsipnya terima laporan dari pemohon (lima Parpol) untuk gugat berita acara KPU Dogiyai tentang LPSDK. Sehingga, hari ini, Rabu (16/01) kami gelar sidang mediasi,” katanya.

Dalam sidang, lanjutnya, sudah sampaikan keberatan dari para Parpol. Dari KPU Dogiyai juga sudah jelaskan tahapan yang sudah jalankan.

“Sehingga, kami putuskan berdasarkan kesepakatan termohon (KPU Dogiyai) untuk mengikuti pemohon (lima Parpol). Sehingga, KPU Dogiyai akan kembali menerima LPSDK dari Parpol,” bebernya. (Van Duma)

Editor: Abeth A. You

banner 120x600

Respon (23)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *