Program Lanny Jaya Cerdas, Mandiri dan Sehat Diminta Evaluasi

Jayapura, [WAGADEI]- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lanni Jaya telah mencanangkan program Lanny Jaya Mandiri dan Sehat untuk membantu masyarakat dalam hal kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan perekonomian.

Program tersebut mendapat apresiasi dari Ketua Pemuda Baptis Papua, Sepi Wanimbo kepada Pemkab Lanny Jaya. Menurut dia, adanya program satu kepala keluarga Rp 1 juta itu justru membantu masyarakat yang ekonomi lemah.

“Satu bulan sekali dan masyarakat yang mengalami kesakitan dapat melalui Kartu Lanny Jaya Sehat Bisa berobat gratis di beberapa rumah sakit di antaranya Rumah Sakit Lanny Jaya, Wamena, Jayapura dan Jakarta,” ujar Sepi Wanimbo  kepada wagadei.com, Kamis,(10/1/2019).

Bahkan kata dia, program Lanny Jaya Cerdas setiap mahasiswa dan mahasiswa biasa mendapatkanbiaya  studi  Rp. 500  ribu  per bulan. “Akhirnya setiap mahasiswa asal Lanny Jaya bisa menimba ilmu setiap kota studi berjalan dengan baik aman dan sangat mendukung untuk  melengkap kebutuhan kampus,” imbuhnya.

“Kami lihat dan realita  yang terjadi hari ini dari tiga program yang menjadi kendala adalah pertama dari program Lanny Jaya Cerdas, mahasiswa seluruh kota studi melalu Korwil kirim data di dinas P dan P dan tim yang menanggani. Namun sampai saat ini belum ada realisasi bantuan studi sehingga mahasiswa dapat mengalami kesulitan dalam kebutuhan perkuliahan,” paparnya.

Kedua, dia, program Lanny Jaya Sehat pasien ingin berobat di RSUD Tiom namun dapat mengalami kesulitan untuk berobat di ibu kota kabupaten tersebut. “Sehingga masyarakat mengalami korban karena mengingat jangkauannya jauh dari kota Tiom,” ujarnya.

Ia mencontohkan, seperti wilayah Kuyawagi, Poga, Melagi , Tiomneri dan Balingga tentu ada dokter yang harus tangani setiap Puskesmas supaya dapat dirujukan ke rumah sakit lain untuk berobat ,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, Lanny Jaya Mandiri per kepala keluarga satu bulan Rp 1 juta, masyarakat sebagian dapat dan lainnya tidak mendapatkan karena adanya isu ‘lawan politik’.

“Contoh kasus di kampung Oji, Distrik Tiom saya yakin kampung yang lain mengalami hal yang sama,” katanya.

Oleh karena itu, Wanimbo menegaskan kepada  pemerintah setempat agar segera melakukan evaluasi tiga program besar ini supaya bisa mengukur sejauh mana  program yang sudah berhasil  dan  apa yang belum berhasil dari tiga program yang luar biasa ini.

“Saya harap harus tetapkan suatu peraturan yang mengatur supaya berjalan dengan baik dan juga adanya evaluasi ketiga program ini pasti benar-benar terealisasi  kepada masyarakat,” imbuhnya. (*/wagadei)

Editor: Abeth A. You

478 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share

Satu tanggapan untuk “Program Lanny Jaya Cerdas, Mandiri dan Sehat Diminta Evaluasi

  • Januari 10, 2019 pada 8:16 am
    Permalink

    Shalut kk ketua departemen pemuda Baptis Papua terus Bersuara

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares