Penerbang Dilantik Jadi Bupati, Burung Bangau Mendarat di Halaman Kantor Bupati Paniai


Paniai, [WAGADEI] – Jumat, 23 November 2018 merupakan hari bersejarah bagi pasangan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Paniai, Capten Pesawat Meki Nawipa dan Oktopianus Gobai, S. Ip. Bagaimana tidak, melalui proses pesta demokrasi yang cukup panjang, mereka akhirnya dilantik menjadi pimpinan daerah di bumi Wagadei oleh Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo di kantor Bupati setempat.

Namun, di sela-sela pelantikan berlangsung terjadi sebuah keajaiban yang secara langsung disaksikan oleh ribuan orang yang padati halaman kantor Bupati tersebut. Keajaiban tersebut adalah seekor burung Bangau berwarna putih tiba-tiba mendarat dengan tenang di tengah-tengah kerimunan orang.

Dogaiye Bedoo (burung Bangau) itu mendarat dengan sempurna tepat jam 10.00 WP sebelum pelantikan akan berlangsung pada jam 11.00 WP. selama pelantikan, burung tersebut hinggap di bubungan kantor Bupati. selanjutnya, usai pelantikan dilanjutkan dengan acara resepsi, tiba-tiba burung tersebut turun di halaman kantor Bupati tidak seakan jinak yang dipelihara oleh orang (ternak piaraan).

Bupati Paniai, Meki Nawipa ketika dimintai keterangan wagadei.com mengatakan, hal itu berkaitan dengan kesakralan adat istiadatkhusus turunannya.

“Itu (burung Bangau) bagian dari adat kami, khusus marga Nawipa. Dia lambang penjaga kami,” kata Bupati Meki Nawipa sambil senyum.

Menurut pemilik pesawat Tariku Air ini, sesuai sejarah sejak dahulu pada saat terjadi kerusuhan antara kampung atau antar marga apabila burungtersebut datang ke kampung dan mendarat pasti akan segera selesai apa yang dipersoalkan.

“Karena itu, saya ajak semua orang tidak perlu besar-besar. Biarkan saja, itu dia datang hanya untuk menyaksikan prosesi pelantikan saja,” ungkapnya.

Usai acara resepsi, burung Bangun itu pulang kembali ke arah kampung Kugitadi, persis berdekatan dengan kali Weya dengan tenang disaksikan ribuan mata itu.

“Awalnya kami pikir burung itu diikat, karena sangat jinak. Tapi ternyata tidak, dia datang sendiri. Kami sungguh heran, kok burung liar itu bisa hadir di tengah orang seakan ternak piaraan,” ujar Donatus, seorang warga Paniai.

Gerfas Tekege, warga Paniai mengakui, dirinya melihat burung tersebut datang dengan sendiri dan hinggap di halaman kantor Bupati tanpa ragu. “saya lihat sendiri, dia datang sendiri,” ucapnya.

“Setelah kegiatan selesai, burung itu kembali ke kampung Kugitadi, dekat kali Weya. Mamanya Bupati Meki punya kampung,” tandasnya.

***

Satu Tanda Heran

Ribuan netizen di sosial media (facebook) ramai membahas kehadiran burung yang biasanya ada di perairan saja itu. Mereka sebut kedatangan burung itu justru membawa berkat (satu tanda heran untuk tanda heran yang lain).

Kobepa Yusuf: Menyimak sejenak pengalaman perjuangan bersama masyarakat Kabupaten Paniai terjadi banyak tanda heran sebagai bukti adanya penyertaan Tuhan dalam perjuangan ini, menjelang pengukuhan kakak berdua sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Paniai juga disambut dengan penuh gembira oleh para petinggi Provinsi Papua bersama para Bupati di Tanah Papua dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Pania,  bahkan burungpun hadir bergembira bersama manusia situasi ini memaknai figur pemimpin sejati yang dinantikan telah hadir di Paniai untuk Tanah Papua.

Hari ini tanggal 23 November 2018 menjadi momentum penting penyerahan beribu harapan masyarakat Paniai di pundak Kaka berdua, Tuhanlah yang mengangkat dan Tuhan jugalah yang akan menjadi nahkoda dalam kepemimpinan ini, banyak orang pasti akan tertolong di tangan kaka berdua dalam semangat pembangunan, “Paniai Untuk Semua dan Semua Untuk Paniai.

Akhirnya Saya Yusuf Kobepa bersama keluarga menyampaikan Selamat Sukses atas pelantikan Capt. Meki Nawipa sebagai Bupati Kabupaten Paniai & Oktopianus Gobay, S.Ip sebagai Wakil Bupati Kabupaten Paniai periode 2018-2023, Tuhan menyertai kaka berdua, Amin!

Maria Agauwo Nawipa: Burung Bangau #Dogaiye_Nawipa# pun ikut menyaksikan jalannya Acara Pelantikan Bupati & wakil Bupati Paniai Meki Nawipa & Oktovianus Gobai,Sip (Okto Gobai), dari awal hingga akhir kembali ke habitatnya.


Kris Tebai: “Dari tanda heran yang satu ke tanda heran yang lain”
*Entah terbang dari mana, tanpa rasa takut dan ragu, Burung Bangau ini, hinggap di tengah2 hadirin, tepat saat Gubernur Papua Berpidato, suasana Semakin khidmat. Burung pun turut meramaikan acara Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Paniai.

Wagadei Miye: Luarbiasa …….tanda heran yang satu ke tanda heran yg lain dgn menghadirkanMisionaris di Alam Paniai maka Alam pun dgn Tanda Burung Dogadoyemerestui…Begitupun dari Segi Agama Pada saat YESUS di Tahbiskan BAPANYAmengirim ROH KUDUS dgn hadirnya Burung Merpati ..dn pada kesempatan ini Padasaat pelantikan Bup dn WaBup Tanda heran itu turun ..LUAR BIASA ….UGATAME …

Kun Agapa Lehim: Pemimpin yg diberkati dan dikehendaki oleh Tuhan dan Alam Meuwodide.

Woukebaga Tuma: Woh mana maa kouka kou Dogaiyeuwo, manimutouwo, geipugiwo akikodo ama wainipe kouya.

Domeikawii: Selamat berhasil tuk menjadi org no 01 dn 02 di kabupaten paniai ….semoga kepemimpinan mu bisa membawah perubahan ….hr esok lebih cerah dtpada hr ini.

Etielisabeth Tebai: Ini yang dong bilang Pemimpin yang Tuhan juga Berkati dan alam juga s7. (*/wagadei)

Editor: Abeth A. You

2,349 kali dilihat, 19 kali dilihat hari ini

Share

2 tanggapan untuk “Penerbang Dilantik Jadi Bupati, Burung Bangau Mendarat di Halaman Kantor Bupati Paniai

  • November 29, 2018 pada 5:51 pm
    Permalink

    Ketika Tuhan tentukan org tersebut untuk memimpin, alam akan persilakan dan akan tunduk dn membuka lahan dan jalan untuk di sejahterakan, Masyarakat dan Daerahnya.

    Selamat kkqu cept Meki Nawipa dan oktovianus gobai untuk menjadi pemimpin yang di urapi Ugatame. God bless all

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares