Didemo Mahasiswa, Kadinsos Paniai Janji Segera Berikan Dana Pendidikan


Paniai, [WAGADEI] – Dua kali berturut-turut perwaklian mahasiswa dan mahasiswi Paniai yang sedang mengeyam pendidikan di seluruh Indonesia menggelar aksi damai di halaman kantor Bupati Paniai, Kamis, (8/11) dan Selasa, (13/11). Dalam aksi tersebut mereka menuntut dana pendidikan yang seharusnya dibayarkan oleh Pemeritah Kabupaten Paniai melalui Dinas Sosial Dinsos) setempat sejak awal tahun 2018 ini.

Lantaran tidak dibayarkan oleh Dinsos, akibatnya perpanjangan rumah kontrakan mereka telah berakhir sehingga seluruh mahasiswa terpaksa dikeluarkan oleh pemilik rumah kontrakan. Hal tersebut terjadi di berbagai kota studi di seluruh Indonesia, seperti di Bogor, Makassar, Manado, Denpasar, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan lainnya.

Melihat kondisi ini, Bupati Paniai terpilih Meki Nawipa turut prihatin. Ia bahkan membayarkan rumah kontrakan milik mahasiswa Paniai di Bogor, Minggu, (2/9/2018) sebesar Rp. 30 juta dan Makassar, Jumat, (7/9/2019) Rp. 30 juta.

Kordinator lapangan (Korlap), Anselmus Gobai dalam orasinya meminta Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Paniai, Jengko Pigome dan Oktopianus Kayame selaku Kepala Bidang Bantuan jangan lari dari kenyatanaan dan jangan terlalu banyak umbar janji.

“Segera datang dan alokasikan dana pendidikan selambat-lambatnya sebelum Pelantikan Bupati Baru. Dan Kepala Dinas Keuangan, Heman Kayame serta bendahara penggeluaran Dinas Keuangan, Siti Lasmuarah segera datang memberikan keterangan yang jelas dan alokasikan dana pendidikan sekarang juga,” kata Anselmus Gobai pada aksi pertama, Kamis, (8/11/2018) lalu.

Di kesempatan itu, Pj Sekda Paniai, Amatus Tatogo yang menerima masa aksi mengakui tidak tahu persis keberadaan dana tersebut, bahkan keberadaan Kadinsos juga belum diketahui.

“Dana itu saya sudah cek di kantor dinas Keuangan, tapi surat pertanggung jawaban (SPJ) belum ada. Jadi sampai sekarang dana pendidikan tahun ini saya tidak tahu. Apakah sudah dikasih ke Dinas Sosial atau masih di Keuangan,” kata Amatus Tatogo.

Pada aksi kedua, Selasa, (13/11/2018) para mahasiswa kembali menggelar aksi damai dengan tuntutan yang sama. Di kesempatan itu, Kadinsos Paniai, Jengko Pigome turut hadir temui para mahasiswa dan menjanjikan akan segera bayarkan dana tersebut dalam waktu yang dekat.

“Benar, dana itu ada. Sudah ada sejak bulan Januari 2018 lalu. Kasih kami kesempatan sampai tanggal 20 November, itu paling cepat. Kalau tidak tanggal 23 November itu kami sudah bayarkan,” kata Jengko Pigome di hadapan puluhan mahasiswa itu di halaman kantor Bupati Paniai.

Walaupun demikian, para mahasiswa meminta bayarkan hari itu juga karena sesuai pengakuan Kadinsos telah dicairkan pada bulan Januari 2018 lalu. “Tidak bisa harus bayar sekarang juga. Kami menderita tempat tinggal di sana (kota study),” ujar Frans Nawipa, Penanggungjawab aksi.

Melalui negosiasi antara mahasiswa dan Kadinsos serta PjSekda Paniai, pihaknya sepakati akan diselesaikan pada tanggal 20 November 2018mendatang. (*/wagadei)

Editor: Abeth A. You

Share

One thought on “Didemo Mahasiswa, Kadinsos Paniai Janji Segera Berikan Dana Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares