Ini Surat Terbuka Masyarakat Paniai Untuk Ketua MK RI di Jakarta Terkait Pilkada

Jayapura, [WAGADEI] – Masyarakat Kabupaten Paniai, Papua yang mendiami di 23 distrik dan 216 kampung telah menyatakan dukungan kepada pasangan calon (Paslon, red) Bupati Meki Nawipa dan Wakil Bupati, Oktopianus Gobay, S. Ip pada pesta demokrasi yang dilaksanakan pada 25 Juli 2018 lalu.

Buktinya, paslon Nawip dan Gobay yang diusung dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini memperoleh dukungan suara melampaui batas, yakni 71.072

Oleh karena Nawipa dan Gobay mendapatkan dukungan murni dari masyarakat setem pat, maka mereka mengirimkan surat terbuka untuk Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI). Berikut isinya.

 

Kepada Yth:

                    Yang Mulia, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK)

                    Di-

                    Jakarta

 

Dengan hormat,

Berhubung dengan sidang ketiga di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan agenda Mendengar Keterangan Saksi/Ahli Pemohon pada Selasa, 3 September 2018, hal itu soal tidak senang oleh pihak kalah, yakni paslon Hengky Kayame – Yeheskiel Tenouye. Sebab, fakta Pilkada Paniai tahun 2018 secara defacto dan dejure sudah final tanggal 25 Juli 2018 lalu atas dukungan suara dari akar rumput Paniai. Karena masyarakat adalah pemegang kunci kedaulatan, telah memilih pemimpin mereka tanpa pelanggaran Pilkada.

Oleh karena itu, pemberian suara dari kami (masyarakat Paniai) adalah titik akhir penentuan pilihan pemimpin. Kami telah menyatakan bahwa pihak silahkan kalah adalah warga negara, maka berhak gugat untuk menyampaikan keberatan di muka umum melalui proses hukum, tetapi kami berharap tidak boleh bikin kotor dari pribadi terutama saksi saksi itu atas Pilkada murni yang terlaksan di negeri Paniai.

Sebab demi hukum Pilkada Paniai tidak pernah terjadi pelanggaran Pilkada. Contoh real adalah pleno Panitia Penyelenggara Distrik (PPD) Distrik Paniai Barat tanggal 27 Juli 2018, masing-masing 18 TPS membacakan C1.KWK di Kantor Distrik Paniai Barat. Kelima anggota PPD bertanya seluruh komponen 18 TPS dan Panwas kampung dan distrik bahwa ada masalah atau tidak, tetapi dalam pertemuan terbesar itu tidak ada manusia satupun yang protes. Pada saat itu jawabannya adalah tidak ada masalah. Berarti kemenangan untuk Meki dan Oktopianus. Tidak ada masalah!

Maka secara gambaran umum kabupaten Paniai sudah aman, sehingga kepada hakim MK yang mulia tidak boleh menyatakan adanya pelanggaran, karean kami masyarakat Paniai tahu bahwa segala permainan akal-akalan yang akan di sampaikan oleh pihak kalah pilkada.

Sekali lagi, kepada yang mulia dengan kondisi yang tenang, segera kembalikan berkas perkara kalah Pilkada pada tanggal 4 September 2018 besok sidang ketiga di ruang sidang MK Jakarta.

Demikian demi hukum kami sampaikan yang sejujur-jujurnya, agar yang mulia melihat masalah ini secara seadil-adilnya.

Paniai, 3 September 2018

 

Hormat kami

 

Masyarakat Paniai Pecinta Demokrasi NKRI

Share

One thought on “Ini Surat Terbuka Masyarakat Paniai Untuk Ketua MK RI di Jakarta Terkait Pilkada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares