Dianggap Tertunda Jadwal, Plt Bupati Paniai Minta KPU Lanjutkan Tahapan Pilkada

Jayapura, (WAGADEI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paniai diminta segera lanjutkan sejumlah tahapan jadwal Pilkada serrentak tahun 2018 yang sempat tertunda lantara senketa Pilkada yang digelar di Jayapura beberapa waktu.

Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Paniai, Yohanes You, S.Ag, M.Hum kepada wagadei.com , Rabu, (28/2/2018) bahwa apabila sengketa telah selesai maka pihak penyelenggara pulang ke bumi Wagadei (Paniai) untuk lanjutkan tahapan sesuai dengan jadwal nasional.

“Kalau sengketa sudah selesai di Jayapura, kami harap KPU segera pulang ke Paniai dan lanjutkan tahapan yang sempat tertentu ini. kalau tidak salah dua atau tida tahapan masih belum laksanakan,” kata Plt Bupati Paniai, Yohanes You di kantor Bupati Paniai.

Sebab, menurut Bupati You, setelah ditetapkancalon tetap dan pencabutan nomor urut tidak lanjutkan dengan tahapan lain seperti pawai bersama. “Pilkada Paniai ini mungkin beberapa tahapan sudah lewat karena adanya sengketa. Dan kalau tidak salah hari ini sudah pawai, tapi kami belum terima surat undangan,” ujarnya.

“Sekarang kami menghargai kepada pihak penyelenggara KPU dan Panwaslu Paniai. Jujur saja, sampai sekarang belum ada penyampaian resmi dari pihak penyelenggara, terutama KPU soal tahapan-tahapan mereka ini,” ungkapnya.

Sebagai Pembina politik di Paniai, ia meminta kepada KPU dan Panwaslu agar sering melakukan pertemuan guna menyatukan pendapat dalam menjalankan tugas-tugas mereka.

“Kalau begini bisa terjadi molor, saya tidak tahu pencoblosannya tetap sama dengan jadwal nasional atau akan tunda apabila sengketanya berkepanjangan,” ucapnya.

Senada juga dikatakan Calon bupati Paniai nomor urut 3, Meki Nawipa. Menurut Nawipa yang berpasangan dengan Oktopianus Gobai, S.Ip ini mengaku pihaknya merasa dirugikan oleh piha penyelngara lantara sengketa yang memakan dua pekan lebih ini, namun ia minta pihak KPU tidak boleh menunda jadwal nasional.

“Kalau masalah gugat menggugat itu silahkan jalankan. Tapi kami sebagai kandidat yang tidak punya masalah merasa dirugikan atau digantungkan karena jadwal kampanye digantungkan,” kata Nawipa dibalik selularnya, Rabu, (28/2/2018).

Lebih lanjut dikatakan, hendak melakukan kampanye secaravtertutup namun masih meragukan karena kemungkinan besar akan diprotes oleh Panwaslu.

“Jadi sekarang ini kami mau kampanye harus jelas. Kalau kami kampanye nanti Panwas protes. Jadi segera keluarkan jadwal kampanye,” ungkapnya. (YA/wagadei)

Share

8 thoughts on “Dianggap Tertunda Jadwal, Plt Bupati Paniai Minta KPU Lanjutkan Tahapan Pilkada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares