Pertanyakan DPT, ini jawaban Dinas Dukcapil dan KPU Deiyai

Deiyai, (WAGADEI) – Solidaritas Peduli Alam dan Masyarakat Deiyai (SPAMD) kembali menggelar aksi damai di halaman kantor KPU Deiyai, Rabu, (7/2/2018) langsung diterima dua komisioner KPU, Christianus Kotouki dan Krispina Adii serta Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Deiyai.

Kordinator lapangan aksi, Dominggus Badii kepada media ini mengatakan, aksi tersebut bertujuan mempertanyakan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dilakukan oleh KPU setempat belum lama ini.

“DPT Kabupaten Deiyai sangat minim, apabila yang ditetapkan oleh KPU 55 ribu itu benar. Dan versi Dukcapil 77.518 ribu. Maka, apakah layak Deiyai menjadi satu kabupaten kalau beda. Karena ini tidak sesuai data penduduk, letak geografis yang akurat dan sumber daya manusia (SDM),” ujar kordinator lapangan aksi, Dominggus Badii.

Menurutnya, jumlah penduduk di Deiyai semakin mebambah tapi tidak pernah lakukan pendataan penduduk maupun sosialisasi mengenai masalah pendataan penduduk Deiyai?. “Apakah selama ini Dinas Dukcapil lakukan itu atau tidak,” ucapnya.

“Seperti Distrik Kapiraya terdiri dari lima kampung tapi yang masuk dalam DPT itu hanyalah kampung Komauto, empat lainnya tidak,” kata Badii.

di tempat yang sama, Yosep Pekei, Kepala Dinas Dukcapil Deiyai kepada massa aksi menjelaskan, hingga saat ini masih belum tetapkan DPT, namun masih berada di tingkat DP4.

“Masih DP4. DP4 ini masa kroscek. Dalam bulan ini seluruh Indonesia perbaiki data yang kami masukan ke Dirjen Depdagri. Selama ini kami sambil cek apakah ada desa yang kurang atau tidak,” kata Pekei.

Menurutnya, KPU merupakan penyelenggara sehingga tak punya hak untuk menetapkan DPT. “Yang berhak tetapkan DPT itu Dukcapil,” ucapnya.

“Seperti Kapiraya itu kami sudah masukan. Satu Desa kira-kira 500 DPT, sambil perbaikan. Jadi kalau ada yang bilang sudah ada DPT berarti itu salah. Sementara ini masih pakai DPT 2014, nanti bulan Mei atau Juni itu DPT baru akan keluar secara serentak,” katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Deiyai, Christianus Kotouki mengatakan, pihaknya sempat beritahu masyarakat hanyalah DPT lama, belum yang terbaru.

“Sehingga apabila ada DPT baru yang ditetapkan maka kami akan sosialisasikan kepada agar diketahui semua,” ujarnya. (YA/wagadei)

81 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares